16 views

in Plugins

Menampilkan Pencarian Data Menggunakan Single Text dan Dua Form

etelah dipostingan berikutnya kita telah belajar membuat menampilkan data secara otomatis menggunakan dropdown, kali ini kita akan membuat menampilkan pencarian data menggunakan single text dan dua form. Jadi secara garis besar flow-nya seperti ini form 1 digunakan untuk menginputkan data yang akan dicari. Sedangkan form 2 bertugas menampilkan hasil pencarian data tersebut karena di form 2 sudah tersimpan data yang muncul otomatis menggunakan dropdown (baca membuat form kartu ujian). Biar tidak bingung mari kita praktekkan saja langsung.

Pertama, buka form kartu pat yang sudah kita buat sebelumnya.

Kedua, rubah settingan field No Peserta menjadi Hidden pada menu Advanced. Kemudian beri tanda ceklist pada text Allow Field To Be Populated Dynamically. Sedangkan pada Parameter Name isikan NoPeserta (parameter ini harus sama dengan yang akan dipanggil di form 1)

Ketiga, Buatlah form menggunakan field Single Text seperti di bawah ini

Keempat, masuk ke Settingan Confirmations form lalu klik Edit

Kelima, pilih Redirect pada Confirmation Type. Redirect URL di isi link page form 2. Sementara Pass Field Data Via Query String diisi NoPeserta={No Peserta:1}.
NoPeserta = diambil dari parameter name pada menu advanced form 2
{No Peserta:1} = didapat dari field single text form 1

Keenam, Klik Save
Ketujuh, buat page / post untuk memanggil form tersebut. Tujuan membuat post / page ini agar pemanggilan link form lebih mudah diingat dan simple

Kedelapan, sekarang coba kita simulasi dengan mengetikan XA003 kemudian klik tombol Cari

Kesembilan, maka hasilnya akan muncul form 2 yang berisikan datasiswa yang sudah kita impor sebelumnya ke dalam phpmyadmin. Selanjutnya kita tinggal melakukan perubahan data jika ada data yang akan dirubah. Kemudian klik Simpan

Demikian tutorial menampilkan data hasil pencarian. Tutorial ini

Write a Comment

Comment