48 views

in Codeigniter

Bedah Isi CodeIgniter #2

Spread the love

Pada pertemuan yang lalu kita sudah berhasil menjalankan aplikasi codeigniter pada webserver kita. Mari kita lihat lagi tampilan awal (home) aplikasi tersebut

Gambar di atas adalah halaman index.php codeigniter. Eits, tapi nanti dulu !! Jangan dulu mengambil kesimpulan bahwa itu adalah halaman template utama seperti pada konsep php native. File index.php tersebut adalah sebagai file keluar masuknya request dan respon dari CI. Jadi jika kita mencari kalimat “Welcome to CodeIgniter!” pada file index.php tersebut, kita tidak akan menemukannya. Karena halaman utama ini tidak disimpan di file index.php. Perhatikan gambar berikut.

Gambar yang dilingkari adalah file ketika kita pertama kali mengakes url http://localhost/aplikasiku

Dan jika kita buka file tersebut maka potongan script tersebut adalah seperti terlihat pada gambar di bawah. Jika kita find (ctrl+F) dan mengetikan keywoard pencarian “Welcome to CodeIgniter” maka kita tidak akan menemukannya.

Lalu dimana letak halaman html file template tersebut ???
Jika kita perhatikan gambar awal di atas, kita akan menemukan kalimat yang merujuk pada letak file tersebut berada


Pada gambar yang dilingkari tertulis bahwa file tersebut berada pada application/views/welcome_message.php dan application/controllers/Welcome.php
Betulkah letak file nya disana ??
Sekarang mari kita coba rubah klimat pada file application/views/welcome_message.php. Rubah pada baris ke-71 Welcome to CodeIgniter! menjadi halo apa kabar ??!!

Hasilnya

Betul kan !! Tapi harus di ingat bahwa file views tersebut tidak menjadi file yang langsung dipanggil pada saat halaman dibuka. Itu hanya template. Adapun pemanggilannya sesuai dengan rule di CI.

Jadi letaknya berbeda-beda??

Ya. itulah yang disebut dengan konsep MVC (Model View Controller) rule pada CI. Maksudnya adalah pemisahan antara proses data, templating dan pemanggilan data di database dilakuan di file yang berbeda. Fungsinya untuk memudahkan kita menggunakan file-file yang sudah kita buat.

Lalu bagaimana alur pemanggilanya halaman defaultnya ?

Alur pemanggilan halamannya pada gambar di atas adalah sebagai berikut


http://namadomain/index.php/nama_controler/nama_method

Sekarang mari kita cek file-file tersebut pada folder aplikasiku

Keterangan :
– Pada folder controllers terdapat file controller dengan nama Welcome.php
– Penamaan nama file controller harus diawali dengan huruf kapital
– Pendefinisian nama class controler harus sama dengan nama file controller yang di extends ke CI_Controller agar dibaca sebagai controller
– Pendefinisian nama controler di usah menggunakan extension
– Pendefinsian nama method pada gambar di atas adalah index dimana perintah method tersebut meload (memanggil) nama file welcome_message.php pada folder views

– Satu method untuk satu tampilan.
– Pemanggilan nama file views tidak usah menggunakan extension, diawali huruf kecil dan diapit tanda petik satu.

Jadi kesimpulannya adalah agar interface yang kita buat di eksekusi oleh file index.php kita harus membuat file di dalam controller dan views.

Write a Comment

Comment