1,245 views

in BTIK-Informatika

Algoritma dan Pemograman (khusus)

Spread the love

Untuk bahasa pemograman yang digunakan pada mata pelajaran informatika adalah bahasa pemograman C++. Aplikasi yang digunakan adalah Dev C++ Namun admin akan sedikit bercerita tentang bahasa pemograman C hingga menjadi C++. Jadi, setelah baca beberapa sumber di google, bahasa pemograman C++ merupakan turunan dari bahasa pemograman C. Bahasa pemograman C merupakan bahasa pemograman prosedural. Maksudnya adalah metode pemrograman yang mengeluarkan perintah yang akan dieksekusi oleh komputer. Dan biasanya berupa baris baris program yang dieksekusi secara urut

mulai dari baris atas hingga bawah. Pada model Pemrograman tradisional atau prosedural (disebut process-oriented model), semua data dan kode digabung menjadi satu bagian dalam satu program(rivantech blog).
Sedangkan bahasa pemograman C++ hadir menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming. Maksudnya adalah sebuah metode yang digunakan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah melalui perspektif object. Objek dapat didefinisikan sebagai suatu entitas yang memiliki data dan method. Sebagai contoh, manusia adalah suatu objek yang memikiki data – data (misalnya: nama, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan yang lainnya) dan juga method (misalnya: cara bicara, cara berjalan, cara marah, dan sebagainya).
Itulah sedikit cerita tentang bahasa pemograman C dan C++. Sekarang kita masuk ke dalam strukur / template penulisan bahasa pemograman C++. Berikut adalah strukur penulisan bahasa pemograman C++

#include <nama library>

int main()
{
    // deklarasi 

   // bagian inti algoritma  
}

Penjelasan :
– Baris paling atas disebut sebagai header. Header adalah tempat di mana kita akan memasukkan library yang ada pada C++ ke dalam kode program.
– Tanda “#” disebut preprocessor directive. Maksudnya adalah perintah – perintah yang diberikan kepada compiler untuk melakukan definisi, misalnya untuk memasukkan file library, dan lain sebagainya.
– main() sebagai blok program utama kita. Di bawah blok main merupakan isi dari deklarasi dan inti algoritma yang akan kita buat.
– Tanda “//” merupakan baris komentar. Artinya script yang berada pada tanda tersebut hanya berfungsi sebagai komentar (tidak akan di eksekusi).

Contoh Soal
Buatlah sebuah program sederhana untuk menampilkan kalimat Hello World

Penyelesaian
1. Bukalah aplikasi Dev C++ kemudian klik file >> new >> source file
2. Ketikan listing program berikut

#include <stdio.h>

int main()
{
    printf("hello world");
}

3. Cek apakah ada listing program yang error dengan cara klik execute >> compile kemudian simpan dengan nama file latihan 1 lalu save
4. Jika tidak ada yang error langsung cetak hasilnya dengan cara klik execute >> run

Latihan Soal
Buatlah program sederhana mencetak kalimat : Kami sedang belajar informatika di ruangan lab komputer
Listing program di tulis pada google doc atau wps lalu kirim melalui google classroom