221 views

in UNBK

Registrasi IP UNBK Tidak Berhasil (Gladih Oh Gladi. Ini Ceritaku. Mana Ceritamu ???)

Spread the love

Broooooo… beberapa hari kebelakang mulai disibukkan dengan gladi UNBK nih. Bayangkan sekolahku ditumpangi paket B,C dan SMP. Jadwal padat merayap. Maknyos nya lagi, gladi SMA kemarin mempersiapkan untuk hari H gladinya sampai melek jam 01.00 dini hari. Keren kan??? Mata sepet kan?? Hahahahaha…. udah hujan, becek, gak ada ojek (ini jiplak lagu..hehehe), sang petir juga saling bersautan. Imbasnya, dua server kena disentuh belaian maut sang petir. Show must go on. Untung ada server cadangan. Dan server tersebut aman sentosa.

Singkat cerita bereslah mempersiapkan gladi buat esok harinya. Server sudah Ok. Semua client juga sudah ok dan bisa masuk ke tampilan login UNBK. Sampai rumah sekitar pukul 01.30 dini hari. Langsung bersih-bersih terus tarik selimut sambil berkata ini hanya ujian. Keesokan harinya, sengaja berangkatnya mau agak siangan. Aplusan gitu ceritanya sama teman yang lain. Belum juga berangkat, HP sudah bunyi terus. Pas buka WA ada trobel satu ruangan client gak bsa masuk tampilan galaman login isi pesan salah satu proktor sma saya. Muncul error seperti ini

Alamakkk…macam mana pula. Padahal semalam sudah dipastikan semua ok. Dan terjadi lagi kisah lama yang terulang kembali ternyata sekarang (ini bukan lagu noah). Mau tidak mau yang rencanya berangkat siangan jadi tetap pagi. hiks…hiks… Setiba di TKP, Cek server ok. cek hub dan status lan pada tampilan layar monitor sudut kanan bawah juga nyala ok. Berarti tidak ada masalah harusnya. Tapi Kenapa semua client tidak mau konek ke server yah hmmmm…?? (bisik aku dalam hati ngikutin gaya sinchan). Gak mau ambil pusing langsung nyoba memindahkan server yang di ruangan bermasalah ke ruangan yang normal ketika gladi. Alhasil, server berjalan baik. Client juga bisa konek ke halaman login UNBK. Berarti masalah ada di … ???
Aku kembalikan server ke habitatnya. Posisi server sudah ON virtualbox nya. Semua client masuk ke Dos Prompt. Lalu aku coba ping ke server dari semua client dengan mengetikan perintah berikut
ping 192.168.0.210 -t.
Aku perhatikan hasil dari 30 client tersebut satu persatu. Dan ternyata, taraaaa… !!! ini sepertinya biang kerok penyebab semua client ip tidak teregistrasi secara serentak. Ada satu client ketika di ping ke server menampilan pesan error destination host unreachable. (perhatikan gambar di bawah). Padahal lan ke hub nyambung normal. Mungkin ini yang disebut dengan looping (bener gak yak istilahnya. maklum newbie masalah jaringan).

Langsung az eksekusi kabel jaringan dengan cara crimping ulang. Kemudian di ping lagi dan alhamdulilah ketika di ping tidak menampilkan pesan error lagi. Dan semua client pun menjadi normal kembali bisa masuk ke halaman login UNBK.
Itulah ceritaku tentang gladi kemarin. Mana ceritamu? Semoga artikel ini bisa membantu. Wassalam