6,503 views

in BTIK-Informatika

Materi Informatika Kelas X Topik Berpikir Komputasional (Tematis)

Spread the love

Topik kali adalah tentang berpikir komputasional. Computational thinking atau berpikir komputational merupakan konsep berpikir yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar, memahaminya, kemudian mengembangka suatu metode pendekatan untuk menemukan solusi yang inovatif dengan bantuan perangkat teknologi komputer. Agar dapat menangani permasalahan kompleks dan memberikan solusi yang inovatif, berpikir komputasional mempunyai empat pilar teknik kunci pendekatan, yaitu

Pertama, Dekomposisi. Adalah metode menyelesaikan masalah yang dilakukan dengan cara memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah diselesaikan.Contoh:
Dalam pembuatan produk makanan ringan yang terbuat dari kentang. Metode dekomposisinya :
1. Produk makanan ringan seperti apa yang akan dibuat ?
2. Apa rasa yang akan diberikan ?
3. Apa saja bumbu dan bahan yang perlu disediakan ?
4. Apa packaging yang digunakan ?
5. Bagaimana cara produksinya ?
6. Siapa saja yang menjadi target pasarnya ?
7. Apa strategi pemasaran yang dilakukan ?

Kedua, Pengenalan pola. Adalah teknik pemecahan masalah dengan memperhatikan pola permasalahan tersebut. Biasanya pola dapat dibangun dengan berbagai cara seperti bentuk, prilaku, bahan, suara, gerakan, kecepatan gerak, pertambahan, arah gerak, warna, dan lain sebagainya.

Contoh :
Perhatikan barisan angka berikut : 2 6 10 14 18 ?

Penyelesaian : dengan memperhatikan barisan angka di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pola untuk menjawab angka berikutnya adalah dengan menggunakan pola penambahan bilangan 4 (+4). Maka jawaban untuk bilangan terakhir pada soal di atas adalah 22

Ketiga, Abstraksi. Adalah kemampuan memilah data yang sesuai dan relevan dari data yang tidak sesuai dan perlu diabaikan yang akhirnya dapat menemukan pola yang berujung pada solusi.

Contoh :

Gambar di atas adalah atribut seseorang siswa smp yang akan digunakan untuk pendaftaran ke SMA.
Penyelesaian :
Dengan menggunakan teknik abstraksi kita bisa membuang atribut yang tidak diperlukan pada gambar di samping yaitu, hobi dan makanan favorit.

Keempat, Berpikir algoritma. Berpikir algoritma adalah cara berpikir dengan merencanakan atau langkah-langkah instruksi yang dijalankan untuk memecahkan masalah.
Untuk menuliskan algoritma sudah di bahas pada topik sebelumnya yaitu dengan teknik Pseudocode dan flowchart.

Soal Latihan
1. Jelaskan beberapa pola kehidupan masyarakat atau kelompok masyarakat yang sering Anda temui dan dapat Anda gambarkan !
2. Jelaskan penggunaan pengenalan pola yang banyak digunakan dalam bidang medis !
3. Jelaskan Penggunaan pola yang dapat digunakan untuk profesi polisi !
4. Jelaskan langkah-langkah dekomposisi untuk merencanakan liburan wisata kelas Anda!
5. Jelaskan dengan contoh mengenai abstraksi dapat memberikan solusi !

Referensi : Buku Informatika penerbit Erlangga dan Grafindo